COMMUNICATING UNIVERSITY SOCIAL CAMPAIGN
Oleh: Associate Profesor
Dr. Jamilah Hj.Ahmad, FIPR
Sumber gambar:
Http://www.eoi.es/blogs/ianamalaga/2012/06/09/the-good-wil-hunting-of-social-media-campaigns/
Sebagai mahasiswa komunikasi, kami harus dilatih untuk melakukan kampanye sosial.
Pada kesempatan kali ini, kami mendapat pembekalan bagaimana cara yang baik untuk melaksanakan kampanye sosial.How do we communicate University campaign?
Sumber gambar :
www.Cambridgemarketingconsultancy.co.uk/strategicmarketingplanning.php
Sebelum kita menyusun sebuah kampanye sosial, kita harus mengetahui terlebih dahulu :
- Apa tujuan dari diadakannya kampanye tersebut.
- Apa sasaran yang ingin dicapai dari acara atau kegiatan tersebut.
- Peranan apa saja yang dibutuhkan dalam kampanye.
- Siapa yang menjadi target audiens.
- Pesan apa yang akan disebarkan untuk mempengaruhi target audiens, agar terjadi perubahan sikap yang lebih baik.
- Serta media apa yang akan digunakan sebagai sarana.
Sumber gambar:
www.illustrationsof.com
Photo Campaigns, Design Campaign, Blog Entries, Video Campaign, dan Mixed- Media.
Dalam mengkomunikasikan kampanye ada 4 proses Public Relations yang bisa menjadi acuan, yaitu:
1. Penjelasan masalah (analisis situasional - SWOT)
2. Perencanaan program (stategi)
3. Mengambil tindakan
4. Mengevaluasi hasil akhir
sumber gambar :
Http://www.inceif.org
Persiapan sebelum Event
- Program yang akan disusun
- Target Audiens
- Launching Kampanye
Penilaian Post Event
- Dengan evaluasi kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari acara yang dilangsungkan.
Selanjutnya, media merupakan bagian penting yang dapat membuat kampanye sosial kita lebih mudah menjangkau banyak audiens. Namun seringkali kita malas untuk menggandeng media. Berikut ini dijabarkan 2 kunci untuk membuka pintu ketertarikan media:
1. Memahami cerita apa yang media inginkan untuk dibuat berita.
2. Memastikan bahwa informasi yang kita berikan memenuhi syarat bagi media.
Setelah mendapat pembekalan pemgetahuan ini, makan setiap mahasiswa lebih bisa percayadiri dalam menjalankan kampanye sosial. Karena sebagai mahasiswa komunikasi, kita harus menaruh banyak perhatian pada lingkungan sosial dan setiap permasalahan yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar