Minggu, 30 November 2014

Advertising = stand out from the crowd

sumber : businessnewsdaily.com

Untuk jadi berhasil, apapun profesimu, kamu harus berani beda!
sumber : tinybuddha.com

Advertising agency :

- Account Service Departmen
  1. Account service = bertugas secara umum melayani bisnis klien, mengelolah account atau keuangan klien. Dalam manajemen periklanan, account service adalah orang yang menghubungkan klien dengan perusahaan.
  2. Strategic planning = membuat strategi dalam mengelolah bisnis klien

- Creative Departmen
  1. Art director = bertugas mendesain iklan, dibantu oleh graphic designer / junior art director
  2. Copy writer = membuat naskah desain

- Media Departmen : membantu menyediakan space iklan dan perencanaan untuk iklan media.
  1. Media planner = membuat rancangan iklan
  2. Media buyer = membeli space iklan yang telah direncanakan.

- Supporting Unit
  1. Traffic = mengatur alur pekerjaan
  2. FA (finishing Adwork), artist, multimedia artist = menylesaikan / finishing yang sifatnya high risk.
  3. Production = menyediakan materi untuk digunakan


Job desk of Account executive:
sumber : moudyes.blogspot.com

  •   







  •        Memahami merek yang menjadi tanggung jawabnya.
  •      Menyediakan analisa peraturan yangkompetitif (harga, komunikatif, pergerakan).
  •      Mengembangkan Creative brief & Media brief perusahaan.
  •          Mengembangkan komunikasi rencana perusahaan.
  •      Mengembangkan Job brief untuk pekerjaan harian.
  •      Men-supervisi team (creative & media) untuk menyelesaikanpekerjaan tepat waktu.
  •      Bertanggung jawab untuk membuat kontak laporan hasil kesepakatan rapat dengan klien, untuk mengingat hal-hal penting dan mengurangi kesalah pahaman.
  •      Memonitori situasi pasar.


Flow of work

A. Communication campaign :
  1. Advertising brief from client (yang terpenting adalah budget)
  2. Acc. Service & strategic planning develop creative brief -> start from market visit, FGD & desk research
  3. Creative develop creative concept, story line, story board based on crearive brief.
  4. Present to client
  5. Client to approve the concept
  6. Executive the plan


B. Print Ad & radio commercial
  1. Acc. Service to issue job brief
  2. Creative to develop the idea into layout
  3. Client to approve the layout
  4. Agency to issue quotation for production
  5. Condact photo sesssion
  6. Client to approve the final work
  7. Delivery to media house/ radio station

C. Media
  1. Acc. Service to issue media brief
  2. Media planner to develop media plan
  3. Client to approve the media plan.
  4. Media to inform acc.service on the deadline schedule
  5. Acc service to submit material as requested


sumber : todayandtomorrow.net

1 komentar:

  1. Did you know that that you can make cash by locking special pages of your blog / website?
    All you need to do is to join Mgcash and use their content locking plug-in.

    BalasHapus